Al Qalam – Tinta Menuliskan Pemahaman (2)

lanjut, berburu ilmu, yuuuk

Ambisi dan Persaingan

Dua kata yang ditambah lagi dengan kekuasaan, lengkap deh

itulah hidup,

ada banyak orang baik, potensial, mampu bertutur kata yang dapat mempengaruhi, ada banyak yang demikian di luar barisan kita

ambisi , persaingan, kekuasaan, ditambah lagi kekayaan ….

top banget dah ini pertarungan

Alkisah, ehhhh alkisah lagi

memang ingin berkisah

Bani Makhzum, menyimpan bara persaingan pada Qushay,

Bangsa Quraisy, lama terhadang, hidup diluar kota Mekkah, takut dibawah tekanan para Khuza’ah.

Tiba-tiba saja seorang pemuda yang dibesarkan di tanah ٍSyam dengan cerdik memegang kunci ka’bah dan menjamin keselamatan Quraisy untuk hidup di tengah kota.

Berduyun-duyunlah, kota dipenuhi Quraisy, Khuza’ah tersingkir, sang pemuda dielukkan menjadi pemimpin.

Ia, Qushay putra Kilab. Kilab pun tak pernah memapahnya berjalan. Kilab meninggal saat Qushay hitungan bulan, Qushay yang yatim hidup dengan ibu yang membawanya ke tanah Syam.

lalu kini Qushay telah kembali dan menjadi pahlawan Quraisy, dengan cara yang tidak memakan biaya? ahhh membuat bibit-bibit dengki.

Nasab Qushay lebih pertengahan, kepemimpinannya tak tergoyahkan, tiada jalan bagi Bani Makhzum menaikkan suara kecuali dengan penguasaan harta.

Jalan yangg membuahkan hasil, hingga zaman nabi  Muhammad SAW yang merupakan keturunan Qushay,

bani Makhzum telah setara, pendapat-pendapat mereka dalam mimbar Quraisy, di dengar, karena klan ini telah melesat kekayaannya.

Saat kenabian hadir pada Rasulullah Muhammad SAW, sosok fenomenal Bani Makhzum adalah al walid bin Mughirah, ia orang terkaya, terfasih, paling bijak, yang dikenal Quraisy saat itu.

Al Walid adalah ayah khalid bin Al walid sang pedang Allah,

Al Walid juga paman dari Abu Jahal si fir’aun ummat Islam

Al Walid dengan ngototnya memberikan sifat gila pada nabi Muhammad,

satu ejekan pada manusia terbaik, ejekan yang tidak dapat diterima.

nabi Muhammad bersabar atas itu, setiap ajakan dialog dari al walid tetap diladeni.

hingga suatu ketika ajakan kompromi diajukan al Walid,

ia mengajak agar agama yang dibawa nabi Muhammad adalah agama kompromi,

memadukan penyembahan Allah, dan tuhan-tuhan yang disembah kaum kafir.

nabi Muhammad SAW kemudian membacakan apa yang Allah perintahkan bahwa “tidaklah boleh menerima jangan menta’ati ajakan al Walid”

nama al Walid tidaklah disebut, ayat 10-15 al Qalam hanya menyebutkan sifat-sifat al Walid.

Al Walid adalah orang yang :

1. Banyak bersumpah, banyak janji atas nama Allah, bahwa ia dalam kebenaran.

2. banyak berbuat maksiat

3. Suka ngegosip, ghibah, ngomongin kejelekan orang (catet : ghibah, klo ghibah itu berarti keburukan yang diomongin emang nyata adanya)

4. suka ngomporin, suka manas-manasin, sampe terjadi gontok-gontokan

5. bakhil dalam berinfaq di jalan Allah, bahkan ia bertekad siapapun yang berislam dari anak-anaknya (yang lelaki berjumlah 10) maka tidak akan mendapat bantuan ekonomi

6. melampaui batas kalau berbuat kedzaliman

7. Ga punya lagi syahwat seksual

8. Zanim (kita ngobrol point 8 ini belakangan)

9. banyak harta dan anak

10. bilang kalau al Qur’an itu dongeng belaka

Zanim tuh artinya tertuduh sebagai anak haram, serem ihh,

ternyata al Walid ini, saat berusia 18 tahun, ayahnya mengenali, kalau ia jauh dengan sifat-sifat fisiknya, maka al Mughirah mulai berubah sikap. Kenangan masa muda yang kemudian terungkit kembali saat turun ayat ini, dan kebenaran pun terungkap. AL Walid memaksa ibunya untuk bercerita yang sebenarnya, saat ibunya tutup mulut ancaman pedang pun dileher ibunya al Walid… dan jrennng ‘AL Walid adalah anak hasil zina dengan penggembala”

Astaghfirullah , na’udzubillah ….

zaman ini? tipikal al Walid gentayangan dimana-mana

asli …..

klo lihat acara yang dulunya J>> trus berubah jadi I>>

betapa tipikal-tipikal al Walid ini gentayangan

misal di hari-hari ini akan kita temuka kemiripan tiap karakter yang suka ditonton masyarakat di acara ntu ntu dan juga acara lainnya:

1. Nanti kita lihat di pengadilan _____ ( termasuk kategori Banyak bersumpah, banyak janji atas nama Allah, bahwa ia dalam kebenaran)

2. minum wine, clubbing, dll (banyak berbuat maksiat)

3. Suka ngegosip, ghibah, ngomongin kejelekan orang (catet : ghibah, klo ghibah itu berarti keburukan yang diomongin emang nyata adanya)

4. suka ngomporin, suka manas-manasin, sampe terjadi gontok-gontokan

5. ga boleh klo aktivis dakwah kaya harus miskin terus (mirip dengan bakhil dalam berinfaq di jalan Allah,)

6. bully terus sampa habis ( MIRIP SIKAP AL WALID melampaui batas kalau berbuat kedzaliman)

7. benci poligami halal tapi pro eyang syubur (mirip sikap al Walid, Ga punya lagi syahwat seksual yang benar)

8. edited

9. banyak harta dan anak

10. pisahkan agama dan negara ( bisa masuk kategori mereka yang bilang kalau al Qur’an itu dongeng belaka)

Maka dari itu wahai aktifis Islam sejagat raya (yang ngerti bahasaku ^_^)

HINDARI BERSIKAP SEPERTI AL WALID,

QTA HARUS BERBEDA, SANTUN DAN BANYAK ISTIGHFAR!

BANYAK JUGA MENDO’AKAN SUPAYA mereka PADA DAPAT HIDAYAH

soalnya ngeri banget hukuman buat al Walid tuh, asli ngeri banget.

jadi selama masih di dunia ayo yok dengan sabar membuat meyakinkan mereka bahwa kita sayang pada mereka dan ingin menunjukkan kebenaran

jikapun kita menyebut ancaman, maka buatlah redaksi yang menunjukkan bahwa ancaman itu datang dari Allah.

alhamdulillah nyampe ayat 10

kini saatnya rehat sebelum datang saatnya berjauhan dari kasur

lanjut besok insyaallah.

tetep jangan lupa 2014 no 3 PKS tea

Oh ya, yang paling bikin seneng, yang paling bikin terikat dengan surat ini adalah, satu ejeken dibalas 10

al Walid mengejek nabi Muhammad dengan satu ejekan “gila”

nabi Muhammad bersabar

Allah membalas dengan 10 ejekan

maka dari itu, banyaklah qta bershalawat pada Rasulullah, kata-kata baik diucapkan pada Rasulullah,

Shalawat yang akan menjadi pembeda kita dengan dia al Walid, makhluk lemah yang akan dihisab tanpa penonton, hanya dia dengan Allah saja. (menggigil aq)

1 shalawat untuk Rasul akan berbalik 10 kebaikan buat kita

Allahumma Shalli ‘alaa Muhammad wa ‘Alaa AAli Muhammad

Al Qalam – Tinta menuliskan pemahaman (1)

Ohwww,

sungguh, seharusnya yang seperti dilakukan hari ini dilakukan sejak bertahun-tahun dulu, tapi

ya memang terlalu banyak memaklumi diri jadi serba terlambat deh,

cuma untungnya,

sekarang pisau analisanya sudah lebih banyak, jadilah setiap surat dikuliti berkali-kali ^_^ ohhh hingga buah manisnya lah yang benar-benar terasa lezat

alkisah surat al Qalam,

surat ini dalam urutan adalah surat ke 68 termasuk juz 29, saya pertama kali ngafal tahun 1998.

Al Qalam termasuk surat Makkiyah, turun sesudah al ‘alaq

Aku jadi ketularan imam an Naisabury untuk mengenali surat dengan detil, meski kalah dengan detilnya beliau , kalah jauh

surat ini punya 1456 huruf dalam 300 kata yang tersusun menjadi 52 ayat

Al Qalam itu berarti pena, kita flash back sebentar ya tentang hakikat pena, dalam tadabbur surat al ‘Alaq, imam an Naisabury menyebut kisah memberi falsafah bahwa pena adalah pemburu ilmu.

Surat ini dibuka dengan kata Nuun,

Nuun ini konon adalah tinta, bahan tinta itu beraneka ragam, dan yang terbaik adalah yang berasal dari sesuatu dibadan ikan paus.

Nuun juga konon adalah ikan paus bernama Tomhut yang menyangga bumi.

ga kebayang ih permukaan bumi disangga ikan paus, pengetahuan dari dua buku tafsir ini asyik banget untuk memperkaya khayalan, heee bikin sesuatu yang mengasyikkan cerita petualangan misal ala Harry Potter, tuing tuing, sekolahnya maksudnya …. ohh khayalan dimulai.

lanjut ayat-ayat berikutnya, ayat dua sampai tiga menceritakan tentang Rasulullah. dimulai tentang bagaimana Allah meyakinkan nabi Muhammad bahwa Allah telah menganugerahkan kenikmatan Iman, kenabian, juga kefasihan berbahasa. Allah mempertegas bahwa nabi Muhammad bukanlah seorang  gila.

Jika karena nabi Muhammad bersabar atas tuduhan gila yang kerap dialamatkan padanya, yang biang keroknya adalah dua orang bani Makhzum al Walid bin al Mughirah dan Abu jahal,

maka

Allah memberikan balasan yang tiada henti

Nabi Muhammad adalah orang yang menjunjung tinggi Makarim Akhlaq, akhlaq mulia, akhlaq terpuji, tiada yang menandingi. Akhlaqnya adalah al Qur’an.

aq suka banget tatkala imam an Naisabury mengutip surat al an ‘aam ayat 90 dalam menggambarkan kesempurnaan akhlaq nabi Muhammad ‘fa bihudaahumuqtadih”. Saat baca tafsir ayat ini, aq berasa banget sensasinya,

betapa Rasulullah menjalani kehidupan dengan keagungan akhlaq yang dimiliki semua nabi-nabi.

jadi tak perlu membuka kitab-kitab terdahulu, sikap terbaik para nabi telah ada pada pribadi nabi Muhammad,

Allahumma Shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali muhammad.

ayat 5 dan 6, ayat ancaman yang ga kerasa sebagai ancaman, gini ni sensasi rasanya waktu baca tafsir ntu ntu “Ntar loe loe pada nyaho sapa yang bener”

ayat 7, jreng jreng …. aku mulai menitikkan air mata, soalnya kejadian-kejadian hari ini, pada apa yang menimpa jalan yang kupilih Allah berikan nikmat padaku untuk bersamanya.

Begini ya, ‘Allah yang tahu siapa yang tersesat menjauh dari jalanNya, dan siapa yang berada dalam petunjuk”

kalau aku merenungkan ayat ini, masyaAllah, “Sungguh kalau kita tahu bahwa kita berada pada jalan yang benar, maka sesungguhnya hati kita harus banyak bersabar dalam meladeni mereka yang kita anggap tersesat, karena sungguh hanya Allah yang tahu, sedangkan mereka itu tidak tahu, beritahulah dengan sabar

Bagaimana ya meramu kesabaran itu?

sebab datang perintah pada ayat 8 “jangan menta’ati orang-orang yang ga percayaan,  mereka ingin kita melemah, maka mereka pun akan menurunkan tensinya pada kita”

alkisah waktu itu, dizaman surat al Qalam ini turun, kafir Quraisy meminta agar nabi Muhammad menurunkan tensi permusuhan pada berhala-berhala, digilir dalam penyembahan, maka mereka akan mau menyembah Allah.

trus zaman kininya?

alkisah negeri ini bernama Indonesia, diciptakan Allah dan penduduknya diberi nikmat iman, tanah yang subur untuk ditanami, tanah yang hangat dengan berbagai macam bahan tambang.

tentang Ekspor-impor pertanian?

banyak negeri yang hidup dengan komoditi pertanian impor, kenapa kita ga boleh?

gini toh, kita dikasih tanah yang subur, tugas kita adalah menanam, trus zakat pertanian itu termasuk zakat yang paling Allah sukai, wong ga ada zakat yang lebih dari 2,5 persen, kecuali pertanian dan sahabat karibnya pertambangan.

jadi, bagiku masalah bertani tidak hanya terletak akan masalah mata pencaharian, tapi ini adalah kesempatan emas yang Allah berikan bagi kita yang mendiami tanah Indonesia, berzakatlah untuk firdaus yang menanti, bertanilah

Jadi sudah semestinya kita swasembada produk pertanian

Cita telah terpancang, maka mereka yang kontra pasti menghadang dengan ribuan penghalang,

jangan gentar, jangan takut dengan para tukang ga percayaan itu.

Jangan melemah, lanjutkan kebijakan kuota impor produk pertanian

balik lagi ke sabar, gimana memadukannya?

kalau di bully, jangan panas telinga, jelaskan yang kita inginkan dengan sabar

pilih PKS ya 2014,

kampanye pisaaaan, hehhehe

piiiis, salam 3 besar

hari ahad yang indah, indah banget

ini yang kuinginkan malam-malam mengkaji al Qur’an dan menuliskannya kembali

dan ya Allah Engkau katakan bahwa tadabbur itu lebih keren klo berdua, maka kirimkanlah lelaki yang kajiannya lebih keren dariku, menjadi ayah buat anak-anak dari seonggok ladang ditubuhku