berbukalah dengan minimal 3 orang (persiapan Ramadhan 2)

penghormatan atas ramadhan akan terkait pemahaman akan waktu
mengetahui waktu waktu utama, pengetahuan dasar yang harus dimiliki manusia

pada masyarakat yg memahami keutamaan setiap waktu inilah Allah berfirman :
“wahai orang-orang yg percaya (pada wahyu yg Kuturunkan) diwajibkan atas kalian mempuasai (Ramadhan), sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu, agar kamu menjalankan ketaqwaan” (albaqarah : 183)

dikubek-kubek, siapa sih orang2 sebelum kita, kaum beriman yg diwajibkan shaum bulan Ramadhan,
dapet, alhamdulillah…. misal kaum yahudi dan nasrani, mereka dahulunya diwajibkan shaum Ramadhan, tapi keadaan dan ketidakmampuan dua ummat terdahulu menanggung keadaan membuat keduanya mengganti syariat shaum ramadhan.
yahudi mengganti dengan mewajibkan shaum asy syura
nashrani mengganti dengan kewajiban shaum 40 hari seumur hidup

rekam jejak pemahaman yahudi akan urgensi shaum ramadhan ini didapat pada perkataan ka’ab seorang rohaniawan yahudi di medinah, kaab berkata :
Allah mewahyukan pada Musa, wahai Musa sesungguhnya aku mewajibkan shaum, yaitu mempuasai Ramadhan, wahai Musa barangsiapa yg dibangkitkan hari kiamat dan dalam catatannya terdapat shaum 10 kali Ramadhan, maka ia termasuk kaum abdaal, barang siapa shaum 20 kali Ramadhan maka ia termasuk kaum mukhbit, barang siapa shaum 30 kali maka ia menerima ganjaran syuhada yang paling utama.
wahai musa, Aku memerintahkan para pemikul arsy untuk berhenti beribadah di bulan Ramadhan, tugas mereka bulan Ramadhan adalah mengucapkan aamien atas setiap doa yang dipanjatkan di bulan Ramadhan. Adalah kewajiban Aku untuk tidak menolak setiap permintaan yang dipanjatkan saat Ramadhan,
wahai Musa sesungguhnya Aku mengilhamkan pada langit, bumi, gunung-gunung, burung-burung, hewan-hewan, agar memohonkan ampun bagi yang mempuasai Ramadhan.
Wahai Musa, carilah 3 orang yang berpuasa Ramadhan, dan shalatlah bersama mereka, makan dan minumlah bersama mereka, sesungguhnya Aku tidak menurunkan hukuman dan penderitaan pada suatu tempat yang disana terdapat 3 orang yang berpuasa Ramadhan, Wahai Musa jika engkau sedang dalam perjalanan maka segeralah kembali,
jika engkau sakit maka sakitlah ditengah-tengah yang berpuasa perintahkah mereka untuk membawamu kemana pergi.
perintahkan kepada wanita-waniga haidh dan anak-anak kecil untuk keluar bersamamu dan orang-orang yang berpuasa Ramadhan untuk keluar dihari ied untuk menghadapku.
Jika aku mengizinkan pada bumiku, pada langitku, maka mereka akan memberikan selamat pada kalian, berbicara pada kalian, dan memberi kabar gembira tentang yang aku ucapkan pada yang berpuasa Ramadhan di hari selesai mereka berpuasa, di lapangan saat shalat ied : “pulanglah ke rumah-rumah kalian, sesungguhnya kalian telah membuatKu ridho, telah Kujadikan pahala bagi kalian atas puasa kalian adalah pembebasan dari api neraka , dan Aku menghisab kalian dengan hisab yang mudah, dan Aku menghilangkan kesulitan, dan Aku menanggung penafkahan, dan kalian tak terzalimi di tangan siapapun,
dengan kemuliaanKu, tidaklah kalian meminta sesuatu kepadaKu sesudah shaum Ramadhan dan berdirinya kalian di hari ied ini, meminta tentang urusan akhirat melainkan aku berikan, dan tidaklah kalian meminta padaKu tentang urusan dunia melain Aku melihat kalian mempertimbangkan”

dahsyat, terus kenapa yahudi lalai?
Ramadhan artinya terik yang membakar,
dahulu hampir diseluruh dunia sistem kalender yang berlaku adalah lunar solar, maka Ramadhan pasti jatuh di musim panas. kaum-kaum sebelum ummat islam yang beriman tak sanggup berpuasa tiap tahun di musim panas.
Allah memberikan kasih sayang kepada ummat islam, dengan mengganti sistem kalender bulan murni, sehingga ummat islam berpuasa di musim-musim yang berbeda.

Rasulullah bersabda tentang Ramadhan : “ummatku diberikan 5hal tentang Ramadhan, yang Allah tidak berikan pada ummat-ummat nabi sebelumku, yang pertama dimalam pertama Ramadhan Allah melihat pada ummatku, Barangsiapa berhasil menarik perhatian Allah, Allah melihatnya, maka ia tidak akan pernah mendapat siksa selama-lamanya, kedua Allah menjadikan wangi mulut orang yang berpuasa, lebih wangi dari misk. ketiga malaikat memohonkan ampun bagi yang berpuasa disetiap siang dan malam sebulan penuh, keempat Allah memerintahkan surga untuk bersiap dan menghias diri bagi yang berpuasa, karena yang berpuasa tengah istirahat dari keletihan dunia menuju rumahKu dan kemuliaanKu. KELIMA, maka di malam iedul fitri Allah mengampuni seluruh orang yang berpuasa”

masyaAllah , ayo berpuasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s