Dr Mursi pemimpin gagal ? masa sih?

malam ini tweet an kang rendy mengusik saya, membandingkan Dr Mursi dengan Erdogan ….

fakta erdogan satu dekade, adalah hal yg patut kalangan islam syukuri
kewajiban kita mempelajari garis suksesnya,
tetapi satu resep bisa jadi akan berbeda hasilnya
semua itu banyak faktor ….

tentang bagaimana kang rendy membanding-bandingkan bisa dicari di tweet nya,
tapi intinya menyebutkan kekurangan Dr Mursi
dan alhamdulillah tweetnya telah direvisi

apa dalam setiap kegagalan kepemimpinan, pemimpinlah yang gagal ?

misal dalam obat, saya punya alergi, perlu desoksimetasone…. keluaran interbat bisa bereaksi baik pada saya, tapi keluaran pabrikan lainnya agak lambat, bahkan tidak mempan…. padahal kandungan sama…..

tentang pemimpin dan kepemimpinan

saya mulai dengan perkataan Rasulullah SAW tentang abdullah bin mas’ud, kata Rasulullah SAW : seandainya aku bisa mengangkat pemimpin tanpa permusyawaratan manusia, aku akan mengangkat ibnu ummi abdin (abdullah bin mas’ud) sebagai pemimpin.

kata-kata ini bagi saya sangat dahsyat, banyak hal
pertama, kesuksesan kepemimpinan adalah ditentukan dua arah : pemimpin dan yang dipimpinnya.

poin kedua, ketiga, dst nya, lain kali lah ya

kegagalan kepemimpinan, tidak mesti kegagalan si pemimpin, bisa jadi rakyatnya aja yg bego ga mau dipimpin orang hebat.

kita pernah mengalami itu, selalu terbayang dalam benak saya, sidang mpr 1999 yang menyoraki pa habibie, dan menolak pidato pertanggung jawabannya, apa itu karena habibie gagal dalam 1 tahun lebih kepemimpinannya?

peristiwa ghadir khum yang pemahamannya diplesetkan kaum syiah, adalah tentang imam ali dan kepemimpinan.
Ali mahir memegang pedang, tapi corak kepemimpinannya tidak disukai.
di ghadir khum itu Rasulullah SAW marah pada orang2 yang memprotes gaya kepemimpinan Ali.
Rasulullah SAW bersumpah bahwa ia telah memilihkan pemimpin terbaik yang dapat mendatangkan kemenangan.
pun dizaman berikutnya, mayoritas orang2 tidak senang dipimpin Ali, kata-kata ini akan sering kita dapatkan : kami mendengar Ali, tapi kami tidak mentaatinya.

jadi boleh saja membanding-bandingkan, asal dengan data valid, dan melepaskan dari view “klo ada kepemimpinan gagal berarti yg gagal adalah pemimpin”, view yg benar-benar harus dilepas.
karena boleh jadi, adalah rakyat yang gagal ta’at.
atau musuh yg terlalu kuat, atau faktor lainnya, yg perlu pengamatan benar dan detil

abdullah bin umar pernah membandingkan muawiyah bin abi sufyan dengan abdullah bin az zubayr,
katanya : muawiyah adalah orang yg sanggup menahan amarah, bijaksana dan kata-katanya mengena menghujam hati.
sedangkan abdullah bin az zubayr adalah orang yg mudah tersulut amarah

Dr Mursi telah dipilih masyarakat mesir dengan demokratis dan legitimate, kewajiban rakyat mesir mentaati dan setia pada pilihannya.
sedangkan
kudeta adalah kudeta, ia adalah satu jenis pemberontakan

8 thoughts on “Dr Mursi pemimpin gagal ? masa sih?

    • kang rendy bilang diantaranya Dr Mursi tidak cakap berkomunikasi, kurang inklusi, dsb…. berkomentar pada yg kita belum berjumpa, kita tidak dibawah kepemimpinannya, hasil syura jamaah….. maka saya sangat keberatan ada pembandingan antara erdogan dan Dr Mursi sebelum mempelajari dengan seksama. jangan2 kita menghakimi dan bersikap tanpa tahu detil masalahnya…. jadi yang terbaik saat ini menyebutkan kebaikan2 dr mursi bukan mengkritisi tanpa data valid

      • saya pikir beliau (kang rendy) hanya menyampaikan pandangannya saja. Tidak lebih dari itu. Ya silahkan saja dikritisi namun hormati pula pendapat orang lain sebagaimana beliau menghormati pendapat mbak. Thanks

      • akh rizal, saya mengingatkan seorang al akh yg harus menghormati para pemimpin, karena saya memiliki keyakinan, kalau beliau berjumpa langsung dengan Dr Mursi akan berbeda kesimpulan, saya disini bukan mengutarakan pendapat, saya memperlihatkan hadits betapa ukuran2 manusia suka salah, saya menghormati kang rendy dan suka dengan gagasan beliau, tetapi tentang membandingkan Dr Mursi dan Erdogan yg semalam, menurut saya telah keluar etika, maka saya mengingatkan.

    • hehe, ya iya lah ini tulisan bagus, semalam itu kang rendy bilang dr mursi kurang luwes, kurang baik komunikasi dengan lawan politik, dsb… alhamdulillah tweetnya sudah direvisi, intinya kita tidak berhak mengkritik dengan data tidak valid

Leave a Reply

