sejarah cina versi buku sejarah islam

Dalam kitab Akhbaar az Zamaan(imam mas’udiy), tarikh thabary (imam Thabary), al muntadzim (ibnu al jauzy), al kaamil fi at tarikh (ibnu al atsier), dan buku sejarah islam lainnya

Mereka menulis bahwa kawasan cina pertama kali dihuni keturunan Yafits bin Nuh.

Cina, kawasan yang membentang luas, negeri sungai subur dengan ditutupi padang pasir. Kawasan yang pertama kali dibangun oleh Amur putra Saubil bin Yafits Bin Nuh, kemudian dinamai Cina yang dalam bahasa arab di eja Shin sesuai dengan nama Shin putra Saubil bin ‘Amur Bin Yafits yang menjadi raja pertama.

Pengembangan yang dilakukannya adalah pertambangan emas dan industri. Cara menambang emas yang dikembangkan Shin menyebar dan menjadi sumber kemakmuran rakyat Cina, hingga tatkala Shin wafat, dibuatkan patung emas untuk Shin. yang tak berselang lama sesudah itu mulailah penyembahan leluhur dinegeri Cina.

Catatan pada sejarawan muslim tersebut terhenti pada titik ini, dalam era berikutnya tidak lagi diketemukan catatan, kecuali saat mendekati zaman kuno atau kira-kira 1200 tahun sebelum masehi

Diawali oleh xia dynasti dan kemudian Shang Dynasti. Peradaban masa kuno Cina yang ditandai dengan revolusi penulisan. Dipenghujung era kuno, dinasti Shang dikalahkan dinasti Zhou.

Era kuno berakhir dan Cina dalam pemerintahan dinasti Zhou. Era klasik antik bagi China adalah momentum kelahiran confuciunisme. Paska Dinasti Zhou, Cina dipimpin dinasti Qin dan kemudian Han.

Dinasti han memiliki nilai penting dalam bangunan jalan sutera. Masyarakat dinasti Han adalah masyarakat yang terdiferensiasi secara kasta yang terbagi dalam 21 peringkat kasta plus kelas budak.

Confucianisme menjadi inspirasi bagi terlahirnya sistem pendidikan yang mapan di Cina, yaitu sistem sekolah dan universitas. Sejak 1 abad sebelum Masehi sistem ini telah berkembanng dengan sangat pesat.

Selain Confucianisme terdapat agama-agama tradisional Cina, sebagaimana Budhisme berkembang hingga kemudian Islam turut mewarnai sistem kepercayaan Masyarakat China.

3 thoughts on “sejarah cina versi buku sejarah islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s