Jangan Memusuhi Jibril seperti orang Yahudi

kisah asbab 2
kisah asbab 2

 

97. Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.

98. barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.

 

 

Jibril

QS 2 : 97-98

 Malaikat Jibril, udah pada tahu tugasnya kan?

Dikisahkan seorang bani Israil dari tanah Faddak bernama Abdullah bin Shuriya mengadakan adu argumentasi dengan Rasulullah.

Abdullah bin Shuriya bertanya pada nabi Muhammad “siapakah malaikat yang datang menyampaikan wahyu padamu?”

Nabi Muhammad menjawab : “Jibril, dan tidaklah seorang nabi diutus kecuali Jibril menjadi penolongnya”

Abdullah bin Shuriya berkata : “Jibril adalah musuh kami, jika saja yang datang padamu Mikail, maka kami akan beriman. Mikail adalah sahabat kami, datang dengan rizqi dan perdamaian. Sedangkan Jibril datang dengan siksa dan membiarkan kedzaliman terjadi pada kami. Jibril diperintah untuk menurunkan kenabian ditengah-tengah kami, ia malah menjadikan kenabian turun bukan pada kaum kami.”

Umar bin Khaththab sahabat Rasulu,  membalas perkataan orang Yahudi dengan berkata : “Jibril dan Mikail bekerja sesuai dengan perintah Allah”

Allah menjawab apa yang dikatakan Abdullah bin Shuriya dengan menurunkan QS 2 : 97-98. Dalam surat ini Allah menegaskan bahwa kenabian pada nabi Muhammad turun atas izin Allah, dan siapa yang menyatakan diri sebagai musuh jibril maka ia adalah musuh Allah dan RasulNya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s