nabi isa dan awal mula kristen (1)

Isa Al Masih dan awal mula Kristen

Mendekati abad Masehi atau yang dalam istilah internasional kini disebut Common Era, di masa ini seluruh dunia menggeliat memakmurkan bumi. Para penyeru dakwah tauhid pun tak henti menjadi penjaga moralitas masyarakat.

Secara politik terdapat beberapa imperium besar. Cina dikuasai Dinasti Han. India dikuasi beberapa dinasti, yang terbesarnya adalah Kushan. Negara adidaya di dunia tengah adalah Persia dan Romawi. Kekuasaan Romawi meliputi Eropa hingga ke Inggris, kawasan Syam di Asia, Mesir dan negeri-negeri Afrika Utara. Kekuasaan Romawi meliputi Iran dan Khurasan. Di Afrika terdapat juga Kerajaan Merou dan Kerajaan Abbysinia (Ethiophia).

seharga 52 ribu, pesan ke 087824198700
seharga 52 ribu, pesan ke 087824198700

Setelah nabi Sulaiman wafat, Bani Israel berada dalam pasang surut dan ujian yang silih berganti. Nebukadnezar yang mengintimidasi dan mengusir, kemudian datang Cyrus the Great dari Persia membebaskan Bani Israil dari intimidasi dan mengembalikan pada tanahnya.

Alexander the Great berhasil mengalahkan kekuatan Persia di kawasan Palestina pada abad ke 3 sebelum Masehi. Mulai sejak itu falsafah hellenistic Yunani memberikan warna kuat pada agama Yahudi.

Sepeninggal Alexander the Great, pada masa-masa Seleucid, Bani Israel berhasil mendapat otonomi khusus untuk kawasan Palestina dibawah otoritas dinasti Hasmonean.

Ekspansi besar peradaban Romawi berhasil menaklukan dinasti Hasmonean, dan pada tahun 37 SM, otoritas Romawi mendorong Herod menjadi raja bagi bani Israel, dan Kerajaan tersebut bagian integral dari Kekaisaran Romawi. Nabi Isa terlahir saat Herod memerintah Yerusalem dan Octavianus adalah Kaisar Romawi.

Nabi Isa terlahir di tengah-tengah dua arus pemikiran besar dalam agama Yahudi, pertama pemikiran Yahudi yang dipengaruhi budaya Hellenistic Yunani dan pemikiran Yahudi Ortodok.

Tiga orang yang dianggap Nabi dalam agama Islam hidup di zaman yang sama, yaitu  Zakaria, Isa putra Maryam dan Yahya putra Zakaria.

Zakaria sebagai seorang Nabi dan Rohaniawan di zamannya memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai tukang kayu. Kisahnya dengan sang istri yang sangat lama menanti kelahiran seorang anak telah tercatat dan masyhur dalam buku-buku. Dalam penantian diberi oleh Allah anugerah untuk mengasuh Maryam, seorang putri kepala Rohaniawan zamannya, Imran, yang telah wafat sebelum Maryam dilahirkan.

Allah kemudian mengabulkan do’a Zakaria dan menganugerahkan putra bernama Yahya. Allah menjadikan Yahya seorang yang bijak dan memiliki hikmah pengetahuan sedari kecil. Ketika Isa terlahir dan kemudian memulai menyeru Bani Israel untuk kembali kepada kebenaran, Yahya menjadi orang pertama yang membenarkan kenabian Isa.

Yahya menjalankan fungsinya sebagai penjaga moralitas Bani Israel. Bahu membahu bersama Isa. Dalam risalah yang nabi Isa sampaikan, terdapat larangan menikahi keponakan. Ketika Herod Antipas, raja Bani Israel berniat menikahi keponakannya Herodias, Yahya dengan tegas menyuarakan bahwa hal itu dilarang. Atas hal ini Yahya dijatuhi hukuman mati. Algojo yang mengeksekusi Yahya adalah seorang wanita, sebelumnya telah membunuh 69 nabi. Wanita tersebut adalah manusia yang pertama masuk neraka.

Zakaria di bunuh sesudah pembunuhan Yahya. Zakaria dihadapkan dengan tuduhan palsu, bahwa Zakaria lah yang membuat Maryam hamil. Zakaria dikejar tentara hingga bersembunyi di dalam pohon kayu. Iblis memberi tahu keberadaan Zakaria dalam pohon. Para tentara lalu menebang dan memotong-motong pohon hingga Zakaria wafat didalamnya.

Tanda-tanda kenabian nabi Isa telah ada jauh sebelum diangkat menjadi Rasul diusianya 30 tahun. Ketika Maryam ibunda Isa mengandungnya dan dihadapkan pada dakwaan perzinahan, Isa yang baru saja dilahirkan dapat berbicara dan menenangkan kaum yang telah siap sedia merajam Maryam.

Maryam, Isa kecil, ditemani Yusuf sepupu Maryam mengembara ke Mesir dan tinggal disana hingga usia Isa dewasa. Kejadian-kejadian ajaib terjadi sewaktu Isa tinggal di Mesir, seperti kemampuannya menghidupkan mayit untuk memberi kesaksian siapa yang membunuhnya,  juga kemampuan Isa mencelup kain-kain yang setiap kainnya berbeda warna dalam satu tempayan.

Maryam, Isa dan Yusuf kembali ke kawasan Palestina dengan diam-diam, dan mendiami kawasan Nazareth, yang dalam Bahasa Arab dieja Nashirah. Dari kata Nashirah inilah nama agama Nashrani diambil. Dalam masa pengembaraan di Mesir Kaisar Oktavianus wafat dan diganti putranya Tiberius.

Di masa itu pengaruh materialisme teramat besar pada masyarakat Bani Israel. Maka Isa hadir dengan nuansa spiritualitas atau nuansa ruhani yang sangat kental. Nuansa-nuansa ruhani itu hadir dalam beberapa bentuk :

  1. Pelayanan

Nabi Isa mencontohkan hidup untuk melayani tanpa embel-embel meminta upah dari pelayanan yang diberikan. Maka Nabi Isa hadir dengan pelayanan kesehatan, bahkan mampu menyembuhkan penyakit sangat berat sperti kebutaan dan penyakit kusta.

Nuansa pelayanan demikian memberikan kesan mendalam dalam perang melawan materialisme. Nuansa pelayanan yang menghadirkan kasih sayang ditengah-tengah umat Manusia.

  1. Kematian dan Kebangkitan

Nabi Isa diberi mu’jizat dapat membangkitkan orang mati. Jika dimasa sebelum kenabian seorang korban pembunuhan dihidupkan untuk bersaksi, dimasa setelah diangkat menjadi nabi ada beberapa orang yang dihidupkan oleh nabi Isa, yaitu : ‘Azaru, sahabat Isa; nabi Uzair; Sam bin Nuh; menghidupkan Yahya putra Zakaria, dan seorang perempuan biasa.

Kemampuan nabi Isa menghidupkan orang mati menunjukkan betapa kelak sangat mudah bagi Allah untuk membangkitkan seluruh umat manusia dan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukan semasa hidupnya. Hingga saat Sam bin Nuh dibangkitkan yang ditanya oleh Sam “apakah hari kiamat telah tiba?”

Kesadaran manusia bahwa kelak akan dibangkitkan sesudah mati dapat meredam hawa nafsu atas materi dan kemewahan dunia.

  1. Keajaiban

Keajaiban-keajaiban dapat melenyapkan kesombongan manusia yang sering bertumpu pada pemikiran bahwa aku mampu melaksanakan suatu hal. Keajaiban yang datang memperlihatkan bahwa kekuatan Allah lah yang ada dibalik segala sesuatu.

Diantara keajaiban yang hadir pada nabi Isa adalah jamuan yang tidak habis-habis, mampu berjalan di atas air, mengeluarkan makanan dari bumi, dan menurunkan hidangan dari langit.

Hidangan dari langit turun selama 40 hari dengan aroma memikat yang menggoda selera makan. Allah memerintahkan kepada nabi Isa agar mengundang kaum faqir dan lemah untuk menikmati hidangan yang tidak pernah habis. Nabi Isa dan para Hawariyyun tidak memakan hidangan yang langsung turun dari langit. Kalangan kaya bani Israil tidak diperkenankan juga untuk memakan hidangan ini.

Isa dengan risalah dan segala mukjizat yang dibawanya membuat khawatir Rohaniawan dan para pembesar bani Israel. Para Rohaniawan Bani Israel menyebutkan bahwa apa yang dibawa oleh Isa adalah sesat dan bertentangan dengan doktrin Yahudi. Nabi Isa kemudian dihadapkan ke pengadilan. Pada saat itu di kawasan Palestina ada dua otoritas hukum, satu wakil dari kekaisaran Roma yang bertanggungjawab mengatur apa yang terjadi di Kawasan Palestina di kalangan bukan Bani Israel. Adapun apa yang terkait Bani Israel maka akan masuk dalam wilayah hukum turunan Raja Herod. Wakil raja Romawi saat itu adalah Pontius Pilatus dan raja Bani Israel adalah Herod Antipas.

Nabi Isa dipingpong antara dua pengadilan, kemudian bersembunyi bersama ibu dan para pengikut setianya. Takdir Allah terjadi, Allah mengabarkan bahwa Nabi Isa akan diwafatkan. Kabar yang membuat nabi Isa gusar dan mengadakan perjamuan terakhir. Nabi Isa memberikan pelayanan istimewa kepada para pengikut setianya hingga membasuh kaki-kaki mereka. Dan meminta dua hal pada para pengikut setianya, yaitu menjadikan pelayanan malam itu sebagai contoh dan berdo’a sepanjang malam agar nabi Isa dipanjangkan usia.

Para Hawariyyun ternyata tidak dapat tahan untuk berdo’a dan tertidur terkalahkan oleh kantuk. Nabi Isa membangunkan mereka dan kemudian mengabarkan bahwa ada seorang dari pengikut setianya akan kafir sebelum ayam berkokok dan akan menjual nabi Isa dengan harga yang murah.

One thought on “nabi isa dan awal mula kristen (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s